cantikdansehat.net

12 Tips Agar Tetap Sehat dan Bugar di Bulan Ramadhan

Akhirnya bulan yang dinanti – nantikan seluruh umat muslim datang juga. Ya, bulan ramdhan bulan yang dimuliakan Allah serta banyak keutamaannya dari pada bulan – bulan lainnya. Tentunya harus kita sambut dengan penuh semangat dan suka cita. Mumpung bulan ramadhan jangan sia – siakan ibadah apapun yang bisa kita kerjakan selama bulan ini karena pahala yang didapat akan berbeda dari pada selain bulan ini.

Meskipun perut kosong sejak pagi hingga menjelang maghrib, jangan menjadikan aktivitas, terutama amalan ibadah di bulan Ramadhan yang penuh berkah ini terlewatkan dengan sia-sia. Untuk menjaga tubuh tetap segar dan sehat saat berpuasa, kami punya tips sehat di bulan ramadhan semoga dapat membantu anda yang ingin tetap sehat selama berpuasa

1.      Jangan lupa sahur. Kenapa sahur penting bagi kita yang menjalankan puasa? Saat menjalankan puasa tubuh kita tidak mendapatkan asupan gizi kurang lebih selama 14 jam. Untuk itu supaya tubuh dapat menjalankan fungsi dengan baik, sel-sel tubuh membutuhkan gizi dan energi dalam jumlah cukup. Untuk menu sahur sebaiknya pilih makanan yang mengandung karbohidrat seperti ubi, jagung, singkong, roti gandum, nasi dan  berprotein tinggi, tapi hindarilah terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang manis-manis.

2.      Mengawali buka puasa dengan kurma dan air atau dengan makanan pembuka lainnya seperti kolak dan lain – lain. Hal ini dapat memulihkan kadar gula darah dengan cepat. Tunggu sekitar 2 atau 3 jam lalu mulailah dengan makanan berat.

3.      Hindari berbuka dengan minuman dingin atau es, karena akan menyebabkan sirkulasi darah tidak optimal.

4.      Kunyah makanan dengan baik agar kerja pencernaan menjadi ringan. Satu suap 33 kali kunyah.

5.      Kurangi konsumsi makanan berlemak, makanan yang diawetkan, penyedap rasa, minuman bersoda dan bumbu berbau tajam (cuka, cabe dan asam).

6.      Pada malam hari usahakan juga untuk banyak minum air putih atau air madu untuk memperlancar peredaran darah dan mencegah dehidrasi.

7.      Jangan tinggalkan olahraga. Menjalankan puasa bukan berarti berhenti total berolahraga. Justru aktivitas fisik tetap dibutuhkan untuk menjaga kelancaran peredaran darah agar kita tidak mudah loyo. Namun untuk urusan ini pilih olahraga ringan yang tak membutuhkan energi berlebih, seperti lari-lari kecil atau jalan kaki. Sebaiknya lakukan olahraga menjelang waktu berbuka. Tarawih juga merupakan aktifitas yang dapat menjaga kebugaran.

8.      Kendalikan emosi. Secara psikologis ini mempengaruhi mental-spiritual kita, dengan mengendalian emosi membuat jiwa kita tumbuh lebih sehat, dan merasakan kedekatan dengan Allah.

9.      Jangan makan terlalu banyak. Buka puasa seharusnya tidak identik dengan makan berlebihan. Makan berlebihan tidak hanya mengganggu tubuh, tetapi juga membuat ngantuk saat shalat tarawih.

10.  Saat bersahur, disarankan makan buah-buahan untuk vitamin dan sumber karbohidrat seperti nasi dan ubi-ubian yang dapat bertahan sampai berbuka puasa.

11.  Orang yang lemah fisik. Puasa seharusnya tidak memperburuk status kesehatan orang dengan kondisi medis. Ibu hamil atau menyusui, lansia, pasien hipertensi, penyakit jantung atau asma, biasanya tidak wajib berpuasa Ramadhan. Bila tetap berpuasa, mereka harus berkonsultasi dengan dokter jika merasakan tanda-tanda gangguan kesehatan. Demi keselamatan yang lebih baik, disarankan untuk pergi ke dokter sebelum dan sesudah Ramadhan.

12.     Selain memperhatikan asupan makanan, pengaturan pola tidur juga merupakan hal yang penting.

Protected

2014-10-24 06:59:11