cantikdansehat.net

Faktor Penyebab Penyakit Jantung Koroner

Faktor Penyebab Penyakit Jantung KoronerTips Kesehatan, Dari berbagai hasil studi penelitian telah dikenali beberapa faktor yang bertanggung jawab terhadap meningkatnya resiko penyakit jantung koroner. Berdasarkan penelitian-penelitian tersebut, berbagai faktor resiko ini berhubungan erat dengan penyakit jantung koroner, namun tingkat prevalensinya belum diketahui secara akurat, alasannya adalah faktor-faktor resiko yang dianggap sebagai pendukung penyakit jantung koroner.

Penyebab pendukung dari penyakit jantung koroner pada tingkatan tertentu dapat dikendalikan, dimodifikasi, dan diobati. Namun demikian, ada beberapa faktor penyebab pendukung yang benar-benar tidak bisa dirubah dengan cara apapun yang dapat Anda pikirkan. Faktor ini terjadi begitu saja secara alamiah dan tidak ada seorangpun yang dapat lari darinya. Beberapa contoh diantaranya adalah umur, keturunan, dan jenis kelamin. Sekarang mari kita bicarakan faktor-faktor ini satu persatu.

* Usia – Manusia hidup dengan selalu bertambahnya usia. Seiring dengan berlalunya hari, umur mereka bertambah dan semakin bertambah usianya, semakin bertambah kemungkinan terjadinya penyakit jantung koroner. Inilah yang diperlihatkan oleh kebanyakan penelitian. Mereka melandaskan teorinya terutama pada penemuannya bahwa lebih dari 83 persen dari mereka yang meninggal akibat penyakit jantung koroner adalah yang berusia 65 tahun atau lebih.

* Faktor keturunan – penyakit jantung koroner telah dikatakan terjadi sebagai akibat dari keturunan. Ini berarti bahwa seseorang yang memiliki riwayat keluarga menderita penyakit jantung koroner, maka ia lebih cenderung untuk terkena penyakit ini. Sederhananya, kemungkinan seseorang untuk terkena penyakit jantung koroner sangat bergantung pada riwayat medis orang tersebut. Seperti yang telah dikatakan kebanyakan orang, CHD (Coronary heart disease) mengalir didalam darah (penyakit keturunan).

* Jenis kelamin – Sebagian besar penelitian telah menemukan kalau pria memiliki resiko mengalami penyakit jantung koroner lebih besar dibandingkan wanita. Mereka bahkan terkena lebih awal, dan meskipun tingkat meninggalnya wanita akibat CHD setelah masa menopause itu tinggi, tetap saja tidak setinggi pada pria.

Jadi, Anda telah membaca tentang penyebab penyakit jantung koroner yang tidak dapat diubah atau dimodifikasi. Sekarang mari kita bicarakan penyebab penyakit jantung koroner yang BISA dimodifikasi atau diatasi.

* Merokok – Merokok telah lama dianggap sebagai salah satu penyebab pendukung terbesar dari penyakit jantung koroner. Dikatakan bahwa mereka yang merokok cenderung akan meninggal karena kematian jantung mendadak dengan kemungkinan sekitar dua kali lipat lebih tinggi dibanding yang tidak merokok. Inilah alasan dasar bagi orang-orang untuk berhenti merokok.

* Kadar kolesterol yang tinggi – Ketika kadar kolesterol dalam tubuh meningkat, maka akan semakin tinggi kemungkinan munculnya CHD. Kondisi ini juga bahkan menyebabkan tekanan darah tinggi, yang nantinya juga menyebabkan terjadinya CHD. Dan, kadar kolesterol yang tidak terkontrol juga dapat mengakibatkan obesitas, yang juga merupakan salah satu penyebab terbesar terjadinya penyakit jantung koroner.

Gaya hidup yang kurang aktif – Ini merupakan faktor besar lainnya yang dapat menyebabkan terjadinya CHD dan berkembang menjadi suatu kondisi yang kronis. Jadi, mereka yang memiliko resiko tinggi untuk terkena penyakit jantung koroner disarankan untuk olahraga secara teratur, agar dapat membantu meningkatkan aliran darah dan oksigen ke tubuh. Olahraga bahkan dapat memperkuat kontraksi jantung, sehingga memungkinkan jantung Anda untuk memompa darah lebih banyak tanpa usaha yang berat.

Jadi, itulah pada dasarnya penyebab utama dari penyakit jantung koroner. Adalah bijaksana untuk memperhatikan dan memahami hal-hal tersebut untuk memudahkan identifikasi perawatan yang terbaik bagi kondisi ini. Dan, jika Anda ingin agar penyakit jantung menjaga jarak dengan Anda, maka lakukanlah sesuatu untuk merubah penyebab-penyebab yang bisa dirubah dari penyakit jantung koroner. Buatlah jantung Anda lebih sehat.

Protected

2014-10-22 12:10:54