cantikdansehat.net

Penyakit pada telinga

Penyakit pada telinga, tips kesehatan, telinga adalah salah satu panca indra yang memang sangat berguna bagi manusia, tanpa telinga manusia tidak akan bisa mendengar, dan bahkan telinga menjadi salah satu organ manusia yang penting dalam komunikasi kehidupan sosial, saat telinga mengalami kelainan atau mempunyai penyakit, maka kehidupan sosial kita di masyarakat kita pun juga akan terganggu, biasanya penderita penyakit pada telinga akan merasa down dan tidak percaya diri untuk ikut bersosial dengan masyarakat sekitar, di bawah ini adalah beberapa kelainan pada telinga.

penyakit pada telinga

1. Radang telinga atau biasa disebut dengan otitas media
Penyakit ini disebabkan karena virus dan juga bakteri, sering menyerang anak kecil. Penyakit ini mempunyai beberapa gejala yang diantaranya sakit pada daerah telinga, demam panas, dan juga pendengaran agak sedikit berkurang. Telinga juga mengeluarkan nanah dan kelainan ini dapat berbahaya karena bisa memecahkan gendang telinga yang selanjutnya mengakibatkan tuli.

2. Labirintitis
Labirintitis adalah gangguan pada labirin di dalam telinga. Penyakit ini disebabkan oleh bebarapa faktor yang dianntaranya infeksi, gegar otak, dan juga alergi. Penyakit ini memeiliki beberapa gejala antara lain telinga berdengung, mual, muntah, vertigo, dan pendengaran juga berkurang.

3. Motion sickness
Pernahkah anda naik wahana tornado di dunia fantasi? apa yang Anda rasakan setelah naik wahana tersebut?apakah Anda merasa pusing? atau ketika dalam perjalanan di laut, udara maupun darat kadang-kadang terjadi semacam rasa mual, pusing, dan juga muntah-muntah. Orang mengatakan ini adalah mabuk perjalanan atau biasa disebut dengan motion sickness. Mabuk perjalanan ini merupakan gangguan pada fungsi keseimbangan. Hal ini disebabkan oleh rangsangan yang terus menerus oleh gerakan atau getaran-getaran yang terjadi selama perjalanan, baik darat, laut maupun udara. Biasanya disertai dengan muka agak pucat, berkeringat dingin dan juga pusing.

4)Tuli
Tuli atau biasa kita panggil tuna rungu ialah kehilangan kemampuan untuk dapat mendengar. Tuli dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu tuli konduktif dan tuli saraf. Tuli konduktif terjadi disebabkan oleh penumpukan kotoran telinga di saluran pendengaran, sehingga mengganggu transmisi suara ke koklea yang berada di dalam telinga kita . Tuli saraf terjadi bila terdapat kerusakan syaraf pendengaran atau kerusakan pada bagian koklea khususnya pada bagian organ korti.

Protected

2014-10-24 01:26:37